you're almost there

// // Leave a Comment
you're almost there 
watercolor on Canson paper

Saya mulai belajar typography kira-kira bulan Desember 2015 kemarin. Awal mula belajar karena melihat timeline Instagram yang dipenuhi dengan tulisan-tulisan yang dibuat indah melalui ilmu typography. Sebenarnya, typography bukan hal yang asing lagi bagi saya, hanya beberapa bulan ini teknik menulis dengan watercolor memang sedang happening. Biasa disebut handlettering atau brushlettering bagi yang menggunakan kuas. 

Teknik brushlettering ini memang lumayan menantang, apalagi bagi saya yang terbiasa melukis abstrak dan gambar hewan dengan penggunaan cat air yang serampangan. Brushlettering mengharuskan si artist mampu mengontrol kadar cat air yang dia gunakan. Agak sulit awalnya karena saya belajar otodidak. Biasanya melalui video yang diunggah di Instagram. Durasi video di Instagram yang cukup singkat membuat proses belajar saya menjadi sedikit lambat, ditambah lagi kesibukan sebagai pekerja pemerintah membuat waktu latihan menjadi berkurang.



Salah satu hasil percobaan awal. Tulisan masih tidak stabil karena terlalu banyak air dan saya masih belum mengerti bagaimana cara membuat tebal tipisnya tulisan. Hal ini tentu berhubungan banyak dengan teknik menggunakan kuas yang masih salah. By the way, ini latihannya di kantor. Saya curi-curi waktu di sela istirahat kantor berhubung kalau sudah sampai rumah bawaannya pasti ngantuk. Kertasnya ditempel di meja kantor dengan masking tape.

Lambat laun, dengan latihan yang semakin rutin (saya usahakan setiap hari membuat satu kalimat melalui challenge harian dengan hashtag yang bervariasi di Instagram, contohnya #togetherweletter, #handletteringABCs, #30daysofbiblelettering), progressnya pun semakin kelihatan. Walau tulisannya masih belum rapi karena kadar air pada cat yang belum terkontrol dengan baik, namun tebal tipisnya per huruf sudah tepat sasaran. Selain itu, melalui latihan yang rutin juga, saya jadi banyak berinovasi dengan model huruf dan desain tata letak per kata. Di post selanjutnya, saya akan mengunggah hasil terbaru brushlettering saya. :)



0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Half Time Government Employee | Half Time Artist